• MA NEGERI 1 BLITAR
  • Truly Islamic High School

Inovasi Pembelajaran Berbasis E-learning di Era Covid-19 di MAN 1 Blitar

Akhir-akhir ini masyarakat dunia sedang mengalami cobaan yang tak terhindarkan dimana pandemi Covid-19 telah menyebar ke seluruh negara di dunia, termasuk di negara kita Indonesia. Hal ini tentunya membuat banyak kepanikan dan keresahan di masyarakat karena kita terpaksa siap untuk merubah seluruh pola hidup biasa menjadi tidak biasa, merubah kegiatan yang biasanya dikerjakan di luar rumah menjadi kegiatan yang harus dikerjakan di rumah. Virus Covid-19 ini menyebar dengan sangat cepat sehingga menyebabkan dampak yang signifikan di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Guru dan siswa yang biasanya belajar dengan bertatap muka dari pagi sampai siang bahkan sampai sore, sekarang harus belajar di rumah menggunakan HP atau laptop. Sistem ini biasa kita kenal dengan istilah pembelajaran daring (online learning). Pembelajaran daring (online learning) merupakan kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah menghimbau kepada tenaga pendidik untuk mengoptimalkan pembelajaran berbasis e-learning. Seiring dengan hal ini, pembelajaran daring (online learning) diterapkan dalam pembelajaran di berbagai sekolah dan madrasah di Indonesia. Salah satunya adalah Madrasah Aliyah Negeri 1 Blitar yang telah menerapkan konsep e-learning di era Covid-19 ini. Agar pembelajaran daring ini berjalan dengan baik, maka madrasah perlu meningkatkan dan mengembangan kompetensi professional, pedagogik, keterampilan, dan  kualitas tenaga pendidik dalam proses kegiatan belajar mengajar di MAN 1 Blitar.

Berdasarkan hal tersebut, MAN 1 Blitar memiliki inisiatif untuk mengadakan workshop ‘Optimalisasi Pembelajaran Berbasis E-learning’ yang bekerja sama dengan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan selaku Ketua Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) Rayon 204 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,  bertempat di MAN 1 Blitar dengan tema ‘Inovasi Pembelajaran Berbasis E-learning di Era Covid-19’. Workshop ini dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Agustus 2020, diikuti oleh seluruh guru MAN 1 Blitar dan perwakilan guru dari MTsN 1 Kota Blitar, MTsN 2 Blitar, dan MIN 11 Blitar. Acara ini dibuka oleh Kepala MAN 1 Blitar Drs Khusnul Khuluk, M.Pd. dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur, Drs. Hamim Thohari, M,Pd. Narasumber workshop ini adalah Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. selaku Dekan FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Galih Puji Mulyoto, M.Pd.

Wokshop ini terbagi menjadi tiga materi kegiatan. Bapak Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. megisi materi berkaitan dengan optimalisasi penggunaan e-learning madrasah. Beliau menjelaskan bahwasannya pengoptimalan penggunaan e-learning sangatlah penting terutama dalam masa pandemi Covid-19, dimana guru harus berusaha memanfaatkan teknologi dengan maksimal agar siswa terpacu semangatnya dalam belajar walaupun dalam kondisi yang seperti ini. Pada sesi kedua, Bapak Galih Puji Mulyoto, M.Pd. menyampaikan materi tentang pembuatan media pembelajaran menggunakan Bandicam dan pembuatan video pembelajaran menggunakan Animaker dan Filmora. Pada sesi terakhir, semua guru mempraktekkan materi yang telah diberikan dengan membuat media pembelajaran menggunakan tiga aplikasi tersebut.

Workshop yang berlangsung dengan durasi 8 jam ini berjalan dengan baik. Semua peserta mengikuti workshop dari awal hingga akhir dengan antusisa. Semoga workhop ini bisa bermanfaat dan dapat diterapkan oleh semua guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini. Harapan terbesar dari workshop ini adalah mengubah mindset yang berkembang di ranah masyarakat bahwasanya pembelajaran daring  bukan mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi, bukan juga membuat guru dan siswa terbebani, akan tetapi sebagai batu loncatan bagi guru dan siswa untuk menjadi lebih kreatif dan mumpuni . (el-mufied)

 

 

* Artikel ditulis oleh Fikria Rifqi Zahara, S.Pd. Tim Publikasi MAN 1 Blitar Tahun Ajaran 2020/2021

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Basmi berita hoax dengan cerdik dan teliti di kehidupan masyarakat

PENYEBARAN Virus Corona alias Covid-19 kian meluas, begitu juga diiringi oleh penyebaran berita tak jelas (hoax) yang memasuki linimasa warga +62 mulai dari unggahan yang mengataka

13/09/2020 06:38 WIB - Jurnalistik MAN 1 Blitar
MAN 1 BLITAR Menyambut KBM Masa Transisi dan Masa Kebiasaan Baru

Akhir-akhir ini, normal baru (New Normal) menjadi sebuah frasa yang begitu populer. Menurut Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tat

21/07/2020 08:50 WIB - Jurnalistik MAN 1 Blitar