KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN DI MAN TLOGO

tglpost 2016-02-11 tukangpost Moh. Latif ketegori Adiwiyata

KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN DI MAN TLOGO

MAN Tlogo Blitar adalah madarasah aliyah yang tertua di Kabupaten Blitar. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, MAN Tlogo Blitar juga terus mengembangkan diri agar siswa-siswinya tidak tertinggal oleh perkembangan zaman, sehingga visi MAN Tlogo Blitar adalah “Terwujudnya Insan Berjiwa Islami, Berprestasi, Peduli Lingkungan, dan siap berkompetisi. Untuk mewujudkan visi ini terutama yang peduli lingkungan maka kurikulum di MAN Tlogo Blitar dirancang untuk membudayakan hidup bersih dan peduli lingkungan kepada seluruh warga madrasah dan sekitarnya.

Selain itu selama semester ganjil ini MAN Tlogo Blitar juga membuat program khusus di kalender akademiknya untuk memperingati hari-hari yang berhubungan dengan peduli lingkungan, diantaranya tanggal 16 September 2014 sebagai Hari Ozon Sedunia, 06 Oktober 2014 sebagai Hari Habitat Sedunia, 05 Nopember 2014 sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa, serta tanggal 28 Nopember 2014 sebagai Hari Menanam Nasional. Untuk Menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada siswa-siswinya, MAN Tlogo Blitar membuat kebijakan-kebijakan sebagai berikut:

  1. Integrasi materi peduli lingkungan pada seluruh mata pelajaran kelas X
  2. Adanya mata pelajaran Mulok PLH untuk kelas XI dan XII, dimana mater-materinya yang langsung berhubungan dengan lingkungan, diantaranya adalah: pemilahan dan pemanfaatan sampah, pembuatan kompos, pembuatan biopori, pembuatan pembersih toilet dari pemanfaatan fermentasi mikroorganisme, dan pembuatan makanan alternative dari bahan-bahan yang belum dimanfaatkan untuk menciptakan diversifikasi pangan.
  3. Program Sabtu bersih setiap minggunya untu menggalakkan partisipasi seluruh warga madrasah terhadapa kebersihan lingkingan sekolahnya.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.roomantik.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini